Hal Kecil yang Bisa Buat Motor Kamu Tetap Prima

Banyak orang yang punya motor tapi dia sendiri tidak tahu cara merawat motor yang biasa ada banyak di dealer seperti Jupiter MX King atau Yamaha Fino yang benar, sayang banget lho.

Bagi kebanyakan orang, khususnya barisan para mahasiswa, motor merupakan salah satu kawan seperjuangan paling setia menemani ke mana saja tiap harinya. Tak ayal banyak yang beranggapan bahwa sepeda motor sudah seperti pasangan hidup sendiri.

Bak pasangan hidup, sepeda motor juga butuh perhatian. Yah, hendaknya kamu menjadi pengguna yang bijak ya, yang bukan cuma memanfaatkannya saja tanpa memberinya perhatian agar ia terus sehat. Jika lalai, si motor bisa ngambek lho. Tahu sendiri kan, kalau motor udah ngambek biasanya super ngerepotin ngurusnya!

Untuk menghindari "ngambeknya" motor, tentu kamu harus merawat dan memerhatikannya sepenuh jiwa. Nah, kali ini saya akan berbagi tips ringan untuk merawat motor agar intensitas "ngambeknya" sedikit.

Cuci Motor secara Teratur

Sepeda motor adalah cerminan bagi si pemiliknya. Apabila motornya bersih dan cantik penampilannya, biasanya pemiliknya pun demikian. Begitu pun sebaliknya.

Nah, urusan mencuci motor ini biasanya sering diabaikan oleh usernya. Terlebih lagi kalau sudah memasuki musim hujan, rasanya terlalu malas untuk cuci motor, karena merasa itu seperti melakukan hal yang sia-sia saja.

Tapi, tunggu dulu. Air hujan justru yang sering menerpa motor justru akan menghancurkan penampilan motormu. Air hujan mengandung asam yang mampu membuat komponen besi pada motor kamu menjadi karatan dan bodi bisa jamuran lho. Demi menghindari hal itu, yuk selalu rutin mencuci motormu agar ia tetap terjaga keindahannya. Paling tidak motor sebulan dicuci dua kali, bisalah ya.

Semakin enak dipandang mata, bakal semakin sayang, bukan begitu ya?

Isi Angin Rutin

Sewaktu kuliah, saya beberapa kali telat masuk kelas diakibatkan di tengah jalan kena musibah berupa ban motor yang bocor. Dalam sebulan itu saya bisa beberapa kali mengalami ban gembos yang mesti dibenarkan. Sewaktu terlambat, dosen saya waktu itu langsung mengeluarkan ceramahnya, dengan tema pentingnya mengisi angin secara rutin untuk kesehatan ban sepeda motor.

Ujar beliau, dalam seminggu itu volume angin dalam ban akan terus menyusut sedikit demi sedikit. Dengan begitu, dapat mengakibatkan sedikit celah antara ban dalam dan ban luar. Karena ban luar lebih kasar daripada ban dalam, maka ban dalam mudah terkikis bahkan bisa meledak.

Yuk, jangan malas mengisi angin pada ban motor kamu. Nah, bagi kalian yang menggunakan ban tubles, langkah baiknya melakukan pengisian angin secara rutin. Jangan sampai lupa, karena kalau sudah kempes, anginnya bakalan keluar semua tanpa sisa.

Ganti Oli Rutin

Mengganti oli sangatlah penting untuk menjaga kesehatan motor kamu agar tetap ganas dan trengginas. Biasanya pihak dealer dan bengkel akan menyarankan kamu untuk mengganti oli tiap 2.000 km atau dua bulan sekali. Tergantung, yang mana dulu yang dicapai ya.

Untuk hal yang satu ini, hendaknya kamu jangan sekali-sekali sampai telat menggantinya. Bisa-bisa motor kamu turun mesin lho. Jika hal itu melanda motormu, maka ingatlah sodara, bahwa biayanya mahal dan tidak bisa selesai diperbaiki secara cepat. Paling tidak motor kamu harus menginap beberapa hari di "rumah sakit motor".

Saat ini, kamu pilih yang mana? Lima Puluh Ribu untuk tiap dua bulan sekali atau Lima Ratus Ribu tiap enam bulan sekali?

Guna menghindari kelupaan macam ini, tentunya kamu bisa membuat berupa catatan atau semacam reminder pada smartphone kamu untuk mengganti olinya. selow bukan?
Stop Memforsir Motormu

Saat mengendarai sepeda motor (terlebih motor baru beli), maka usahakan jangan terlalu berat membebaninya. Kelebihan berat yang ditanggung sepeda motormu bisa mengakibatkan penurunan fungsi shock breaker dan roda-roda motor barumu.

Mensiasati hal tersebut, biasanya pihak pabrik sudah menempeli stiker batas maksimum berat yang mampu ditanggung oleh sepeda motor yang kamu beli. Dengan mematuhi aturan itu, maka potensi rusaknya motor kamu akan semakin kecil. Namun jika sebaliknya, tentu kamu harus siap-siap merogoh kocek kantong celanamu lagi demi menutupi kerusakan yang diakibatkan kelebihan muatan. Hal yang paling potensial membuat rusak shock breaker dari motor kamu ialah bonceng motor ala "cabe-cabean", alias tumpang 3 orang langsung.

Panasi Motor Sebelum Digunakan

Mentang-mentang merasa bahwa teknologi zaman sekarang sudah canggih, lalu kamu beranggapan bahwa kalau langsung gas poll motor tiap pagi begitu saja tanpa mencederai motormu? Sungguh riskan. 

Meskipun saat ini teknologi telah berkembang dan semakin canggih, paling tidak setiap pagi hendaknya kamu memanaskan motormu guna mencapai keadaan stasioner dan sirkulasi oli sudah merata dalam mesin. Yah, cukup beberapa menit saja, tak perlu lama-lama. Tak perlu digeber juga, bikin boros dan berisik tetangga.

Dengan menjalankan beberapa tips ringan ini, semoga motor kamu akan tetap on top performance. 
Kastolani
Kastolani

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar